Arah, Tujuan, dan Sasaran Kebijakan Pembangunan Kesehatan

Diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim... Aku mendengarkan dan memahami diskusi hari ini.
Mata kuliah Ilmu Kesehatan Masyarakat, yang menyangkut tentang MDGs.
Apa aja sih yang dijelasin? 
Kebetulan kami dapat judul yaitu Arah, Tujuan, dan Sasaran Kebijakan Pembangunan Kesehatan.
Hasil paper yang kami buat seperti klik disini 

A. Arah Pembangunan Kesehatan


Pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan nasional pelayanan kesehatan baik oleh pemerintah maupun masyarakat harus diselengarakan secara bermutu, adil dan merata dengan memberikan pelayanan khusus kepada penduduk miskin, anak-anak, dan para lanjut usia yang terlantar, baik di perkotaan mapun di pedesaan.
Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan strategi pembangunan profesionalisme, desentralisasi dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat dengan memperhatikan berbagai tantangan yang ada saat ini.
Upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan masyarakat dilaksanakan melalui program peningkatan perilaku hidup sehat, pemeliharaan lingkungan sehat, pelayanan kesehatan dan didukung oleh sistem pengamatan, Informasi dan manajemen yang handal.

B. Tujuan Pembangunan Kesehatan

    Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang ditandai penduduk yang hidup dengan perilaku dan dalam lingkungan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal di seluruh wilayah Republik Indonesia.

C. Sasaran Kebijakan Pembagunan Kesehatan
Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan melandaskan pada memperhatikan kebijakan umum yang dikelompokkan sebagai berikut:
  1. Peningkatan Kerjasama Lintas Sektor.
  2. Penigkatan perilaku, Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Swasta
  3. Peningkatan Kesehatan Lingkungan
  4. Peningkatan Upaya Kesehatanya 
  5. Peningkatan Sumber Daya Kesehatan
  6. Peningkatan Kebijakan dan Manajemen Pembangunan Kesehatan.
  7. Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan teknologi Kesehatan.
  8. Peningkatan Lingkungan Sosial Budaya.
 


 

Komentar